Format Undangan Pernikahan yang Benar, Bisa Kirim Via WhatsApp

contoh format undangan pernikahan yang benar

Format undangan pernikahan adalah salah satu hal yang paling penting dalam persiapan pernikahan. Kenapa? Karena undangan adalah representasi pertama dari acara besar yang akan datang.

Bagaimana sih format undangan pernikahan yang benar? Apakah ada aturan khusus yang harus diikuti?

Undangan pernikahan bukan hanya sekedar kertas dengan informasi. Undangan adalah cerminan dari kepribadian dan tema acara. Menggunakan format undangan pernikahan yang benar bisa membantu memastikan semua informasi yang diperlukan tersampaikan dengan baik.

Yuk, kita telusuri lebih dalam tentang format undangan pernikahan yang benar. Simak terus ya!

Elemen Penting dalam Undangan Pernikahan

Undangan pernikahan yang baik harus memiliki beberapa elemen penting agar terlihat profesional dan informatif. Berikut adalah elemen-elemen yang harus ada:

  1. Nama Pengantin
  2. Tanggal dan Waktu Acara
  3. Lokasi Acara
  4. RSVP dan Kontak

Nama Pengantin: Pastikan nama pengantin ditulis dengan jelas dan benar. Ini adalah informasi utama yang harus diketahui oleh semua tamu.

Tanggal dan Waktu Acara: Jangan lupa untuk mencantumkan tanggal dan waktu acara dengan format yang mudah dipahami. Gunakan format tanggal yang umum digunakan seperti 25 Juli 2024, pukul 10:00 WIB.

Lokasi Acara: Sertakan alamat lengkap lokasi acara. Jika diperlukan, tambahkan peta kecil atau koordinat GPS untuk memudahkan tamu menemukan lokasi.

RSVP dan Kontak: Bagian ini penting untuk mengetahui berapa banyak tamu yang akan hadir. Sertakan nomor kontak yang bisa dihubungi untuk konfirmasi kehadiran.

Desain dan Estetika Undangan

Desain undangan pernikahan harus mencerminkan tema acara dan kepribadian pengantin. Berikut adalah beberapa tips dalam mendesain undangan:

  1. Pemilihan Warna dan Tema
  2. Pemilihan Font
  3. Layout dan Komposisi

Pemilihan Warna dan Tema: Pilih warna yang sesuai dengan tema pernikahan. Jika pernikahan bertema klasik, pilih warna-warna netral seperti putih, krem, atau emas. Untuk tema yang lebih modern, warna-warna cerah bisa menjadi pilihan.

Pemilihan Font: Gunakan font yang mudah dibaca dan sesuai dengan tema undangan. Hindari menggunakan terlalu banyak jenis font agar undangan tetap terlihat rapi dan elegan.

Layout dan Komposisi: Pastikan semua elemen undangan tertata dengan baik. Hindari menumpuk informasi di satu tempat. Sebar informasi secara merata agar undangan terlihat seimbang dan mudah dibaca.

Format Penulisan yang Tepat

Penulisan undangan pernikahan harus mengikuti format yang benar. Berikut adalah beberapa tips dalam penulisan undangan:

  1. Bahasa yang Digunakan
  2. Penulisan Nama dan Gelar
  3. Kesesuaian dengan Ejaan yang Disempurnakan (EYD)

Bahasa yang Digunakan: Gunakan bahasa yang formal namun tetap hangat dan mengundang. Sesuaikan dengan tamu yang diundang. Jika sebagian besar tamu adalah orang tua, gunakan bahasa yang lebih formal.

Penulisan Nama dan Gelar: Tulis nama dan gelar dengan benar. Perhatikan penulisan gelar dan nama agar tidak ada kesalahan yang bisa menimbulkan kebingungan atau ketidaknyamanan.

Kesesuaian dengan EYD: Pastikan semua penulisan sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Ini penting untuk menjaga kesopanan dan profesionalitas undangan.

Contoh Undangan Pernikahan yang Benar

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, berikut adalah contoh format undangan pernikahan yang benar:

Kepada Yth.
Bapak/Ibu/Saudara/i
Nama Tamu

Dengan hormat,
Kami mengundang Anda untuk hadir pada acara pernikahan kami:

Nama Pengantin Pria & Nama Pengantin Wanita

Yang akan dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal : Sabtu, 25 Juli 2024
Pukul : 10:00 WIB - selesai
Tempat : Gedung Serba Guna, Jl. Kebahagiaan No. 123, Jakarta

Kami berharap kehadiran Anda dapat memberikan doa restu bagi kami.
Terima kasih.

Hormat Kami,
Nama Pengantin Pria & Nama Pengantin Wanita

Kesalahan yang Harus Dihindari

Dalam membuat undangan pernikahan, ada beberapa kesalahan yang sering terjadi dan harus dihindari, antara lain:

  1. Salah Tulis Nama atau Tanggal
  2. Desain yang Terlalu Ramai
  3. Informasi yang Tidak Lengkap

Salah Tulis Nama atau Tanggal: Kesalahan ini bisa membuat tamu bingung atau bahkan datang di hari yang salah. Pastikan untuk memeriksa kembali semua informasi sebelum mencetak undangan.

Desain yang Terlalu Ramai: Desain undangan yang terlalu ramai bisa mengalihkan perhatian dari informasi utama. Gunakan desain yang sederhana namun elegan.

Informasi yang Tidak Lengkap: Jangan sampai ada informasi yang terlewat. Pastikan semua detail acara tercantum dengan lengkap dan jelas.

Tips Memilih Penyedia Jasa Undangan

Memilih penyedia jasa undangan yang tepat juga sangat penting. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih penyedia jasa undangan:

  1. Periksa Portofolio
  2. Tanyakan Harga dan Paket yang Ditawarkan
  3. Lihat Review dan Testimoni

Periksa Portofolio: Lihat hasil karya penyedia jasa undangan sebelumnya. Ini bisa memberikan gambaran tentang kualitas dan gaya desain yang mereka tawarkan.

Tanyakan Harga dan Paket yang Ditawarkan: Pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan anggaran. Tanyakan juga paket-paket yang ditawarkan untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Lihat Review dan Testimoni: Baca review dan testimoni dari pelanggan sebelumnya. Ini bisa membantu dalam menentukan kualitas pelayanan penyedia jasa undangan.

Tren Undangan Pernikahan 2024

Dilansir dari WeddingWire, beberapa tren undangan pernikahan yang akan populer di tahun 2024 adalah:

  1. Undangan Digital
  2. Desain Minimalis
  3. Sentuhan Personal

Undangan Digital: Dengan kemajuan teknologi, undangan digital semakin populer. Ini tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga lebih praktis dan hemat biaya.

Desain Minimalis: Desain yang sederhana dan elegan menjadi favorit banyak pasangan. Desain minimalis memberikan kesan yang modern dan timeless.

Sentuhan Personal: Menambahkan elemen personal seperti foto pre-wedding atau ilustrasi khusus membuat undangan menjadi lebih istimewa dan berkesan.


Memahami format undangan pernikahan yang benar sangat penting untuk memastikan acara pernikahan berjalan lancar dan berkesan bagi para tamu. Dengan mengikuti panduan dan tips yang telah dibahas, undangan pernikahan dapat menjadi representasi sempurna dari hari istimewa tersebut.