4 Cara Mengirim Undangan Digital Lewat WA dan Etikanya

5/5 - (3 votes)

Penggunaan undangan digital kini semakin populer di Indonesia, terutama untuk acara pernikahan. Banyak orang merasa acara pernikahan mereka kurang lengkap tanpa menggunakan undangan digital.

Namun, meskipun praktis, ada etika yang harus diperhatikan saat mengirim undangan digital, terutama dalam hal penyampaian dan tata cara.

Dalam artikel ini, Acaranya ID akan membagikan tips bagaimana tata cara mengirim undangan pernikahan digital lewat WhatsApp yang tepat dan etika pengiriman yang sopan.

Cara Mengirim Undangan Digital yang Sopan Lewat WhatsApp

4 Cara Mengirim Undangan Digital Lewat WA dan Etikanya

1. Menggunakan Kalimat Mengundang yang Benar

Penggunaan kalimat dalam mengundang menggunakan undangan pernikahan digital tidak bisa ditulis secara sembarangan. Ini merupakan hal penting dalam pengiriman undangan digital, karena hal ini dilakukan agar tamu merasa tetap dihargai meskipun tidak menggunakan undangan fisik dan tidak tatap muka.

Terdapat beberapa poin penting dalam penulisan kalimat undangan pernikahan digital yang sopan, yaitu seperti:

  • Salam pembuka.
  • Menuliskan nama tamu undangan dengan benar.
  • Pembukaan isi undangan, sebaiknya gunakan kalimat “tanpa mengurangi rasa hormat“.
  • Informasi acara, isi bagian ini secara lengkap dan jelas.
  • Ucapan maaf tidak bisa datang untuk mengundang secara langsung (tatap muka).
  • Harapan supaya tamu undangan bisa hadir di acara pernikahan.
  • Salam penutup.

Contoh kalimat undangan yang sopan:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tanpa mengurangi rasa hormat, melalui pesan saya sampaikan kepada Bapak/Ibu bertujuan untuk mengundang dan menghadiri pernikahan kami, (mempelai wanita) dan (mempelai pria) pada:

Hari, Tanggal:
Pukul:
Tempat:

Informasi selengkapnya, bisa klik link undangan pernikahan kami:

(link undangan digitalmu)

Karena keterbatasan waktu, kami mohon maaf jika mengirim undangan non-fisik, dan mohon dimaklumi.

Sebuah kehormatan jika Bapak/Ibu datang ke acara pernikahan kami pada waktu dan tempat yang telah saya informasikan di atas.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Jangan Gunakan Kata-Kata Singkat

Poin kedua adalah, jangan gunakan kata yang disingkat dalam mengundang tamu secara online. Misal, “dengan” disingkat menjadi “dgn”, “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh” disingkat jadi “Assalamualaikum wr wb”.

Jangan!

Meskipun pengiriman undangan dilakukan lewat WhatsApp, Instagram atau media sosial lainnya, sampaikanlah dengan kata lengkap yang baik dan benar. Walaupun juga itu kamu tujukan kepada teman dekat.

3. Berikan Informasi Lengkap yang Mudah Diakses dan Dipahami

Selanjutnya, berikan informasi yang lengkap dan mudah dipahami oleh tamu seluruh kalangan. Ini juga sangat penting, lho!

Jika kamu menggunakan undangan website, pastikan website yang kamu miliki responsive dan fast loading.

Kami sempat mendapatkan masukan dari client, yang mana tidak semua orang paham apa itu website, terlebih orang tua. Karena itu, kami berikan juga undangan digital versi gambar statis yang mana ini sangat memudahkan tamu undangan untuk memahami informasi undangan secara lengkap.

Jadi, di Acaranya ID kamu tidak hanya bisa mendapatkan undangan digital website, melainkan kamu juga bisa request untuk dibuatkan undangan gambar, dan ini gratis!

4. Kirim Undangan Pada Saat yang Tepat

Pengiriman undangan digital tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika undangan dikirim terlalu lama sebelum acara, tamu mungkin lupa, namun jika terlalu dekat dengan hari H, tamu bisa merasa tidak dihargai karena persiapan yang mepet.

Waktu ideal untuk mengirim undangan digital adalah:

  • Paling lambat: 1-2 minggu sebelum acara.
  • Paling cepat: 1-2 bulan sebelum acara.

Hal ini sudah kami sampaikan pada artikel ini, jadi untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi artikel tersebut.

Kesimpulan

Itulah tata cara mengirim undangan digital lewat WhatsApp serta etika yang baik dan sopan. Mengirim undangan digital memang praktis, tetapi tetap membutuhkan perhatian terhadap etika dan tata cara yang baik.

Dengan memperhatikan bahasa, waktu pengiriman, dan penyampaian informasi yang jelas, kamu bisa membuat tamu merasa dihargai dan tetap menghadirkan kesan yang formal serta sopan. Untuk undangan pernikahan yang lebih mudah dan praktis, Acaranya ID siap membantu kamu menyediakan undangan digital yang responsif dan mudah digunakan.


*Suka dengan artikel Acaranya ID? Ikuti kami di Google News! (klik bintangnya)

Acaranya ID

Acaranya ID

Layanan Undangan Digital Profesional ● Acaranya ID adalah #1 Jasa Pembuatan Undangan Online yang dipercaya ratusan pelanggan setiap bulannya. Tersedia 300+ desain undangan untuk acara pernikahan, ulang tahun, syukuran, khitan, hingga grand opening!